"Pada 2007 saya berjanji pada 2010 Nissan akan memasarkan kendaraan nol-emisi. Hari ini, Nissan Leaf adalah kendaraan listrik terlaris dalam sejarah," kata Presiden Nissan, Carlos Ghosn.

Headline
"Saat ini saya berkomitmen untuk siap memperkenalkan teknologi baru revolusioner, Autonomous Drive , pada 2020, dan kami ada di trek untuk merealisasikannya," ungkapnya, seperti dinukil TheRegister.

Pada akhir tahun depan, Nissan berharap sudah dapat menggunakan mobil tersebut untuk menguji trek yang dibangun di Jepang demi pengujian desain dan pengoperasiannya.

Trek tersebut akan meniru kondisi di dunia nyata, berikut dengan bangunan asli untuk menguji kemampuan mobil mengantisipasi rintangan yang ada tanpa pengemudi.


Sistemnya menggunakan sistem kamera 360-derajat yang dijuluki Around View, serta pemindai laser dan server yang menjalankan sistem AI (Artificial Intelligence) yang dirancang untuk digunakan dengan GPS, tetapi tidak akan bergantung secara penuh.

Nissan terlihat ambisius, tetapi mungkin mereka akan tertinggal dengan Google yang telah menjadwalkannya pada 2017.

Bagaimanapun teknologi ini akan semakin mengikiskan keterlibatan manusia dengan pekerjaannya. Supir bus, truk, atau taksi mungkin harus mencari pekerjaan lain di masa depan. [ikh]